PENAWARAN SOLUSI KETAHANAN ENERGI INDONESIA

0
80

PENAWARAN SOLUSI KETAHANAN ENERGI INDONESIA

Pasca Berhasil Menfasilitasi Investasi Industri Listrik Berbasis Sampah (WTE) US$ 240 juta di Tangerang dan Jakarta. Jika Pertamina Setuju, Kami Siap Menfasilitasi‎ Investasi US$ 500 juta Bangun “Storage” menampung +-15 juta Barel BBM.

Bahwa hingga saat ini Indonesia belum memiliki cadangan penyangga energi nasional. Hanya ada cadangan operasional Pertamina selama 22 hari untuk BBM dan 12 hari untuk LPG. Tanpa adanya cadangan penyangga, ketahanan energi Indonesia bisa terancam.

Maka untuk meningkatkan stok operasional BBM dari 18 hari menjadi 30 hari atau peningkatan cadangan BBM nasional maka Pertamina membutuhkan dana US$ 2,4 Miliar untuk membangun storage yang akan menampung 45 juta Barel BBM, dengan asumsi konsumsi BBM 1,5 juta barel per-hari.
Alangkah baiknya Pertamina memberi kesempatan kepada pihak swasta yang punya kekuatan dana dan keahlian membangun Tangki Timbun (Storage).
Jika Pertamina melibatkan pihak swasta maka percepatan pembangunan fasilitas cadangan penyangga akan lebih berpotenasi menghemat anggaran negara atau keuangan perusahaan Pertamina sebesar Rp.224 Triliun.
Karenanya jika Pertamina menyetujui, kami segera menfasilitasi investor yang telah siap membangun tangki timbun sebanyak 20% dari kebutuhan Pertamina dengan ketersediaan anggaran sebesar US$ 500 juta.
Jika permohonan kerjasama disetujui Pertamina maka salah satu beban kenaikan biaya penyediaan minyak (inventory cost) total berkurang dan menghemat pengeluaran negara di sektor energi.
Jakarta, 2 April 2016
The JOKOWI CENTER
Teuku Neta Firdaus
Direktur Eksekutif
www.thejokowicenter.or.id